August 15, 2012

Move on! Karena Ngeblog Bisa di Mana Saja!

Dibilang kaget sih nggak juga. Berita seputar akan dihilangkannya fitur blog dari situs Multiply sudah saya dengar sejak beberapa bulan yang lalu. Meski beberapa bilang isu itu bersifat HOAX, tapi toh banyak MP’ers (panggilan untuk teman-teman di Multiply) yang berbondong-bondong mencari hunian baru, ke Xanga, misalnya.

Saya sendiri masih bertahan, mungkin masih berharap semua itu takkan terjadi. Duh, nggak kebayang deh kalau harus meninggalkan Multiply yang amat bersejarah buat saya. Eh, tapi sebenarnya udah dibayangin juga sih. Hehe.. Karena kemudian saya mulai nyicil back up beberapa tulisan dengan kategori tertentu. Lalu mulai membuka akun di beberapa situs seperti Tumblr dan Blogspot.

Isu itu mereda. Sampai kemudian Kampung Multiply kembali dibuat geger lagi. Dan kali ini, keputusan bahwa mulai 1 Desember nanti Multiply akan memfokuskan diri pada kegiatan e-commerce -yang artinya akan menghapus fitur jejaring sosial termasuk blog- sudah bulat. “It’s not a joke,” kata Pez, salah satu pemilik saham Multiply. Pengumuman resminya sendiri disampaikan oleh Stefan Magdalinski, Si Robot yang kini menjabat sebagai CEO Multiply.
Surat dari Si Robot
Yang paling saya sedihkan sebenarnya bukan karena harus pindah “rumah”. Entah kenapa saat keputusan final ini mengemuka, saya kok yaa nggak terlalu berat jika memang harus terusir dari rumah gratisan ini. Entah karena ingin fokus pada kegiatan blogging, atau mulai bĂȘte dengan banyaknya iklan di Multiply. Apalagi sebelumnya memang udah lirik-lirik rumah lain. Hoho..

Saya sedih karena bingung. #loh

Kalau Maia Estianty bilang dia udah 8 tahun pakai Dove, saya juga mau kasih tau: saya udah 6 tahun loh di Multiply! Wews, lama juga kan? Ibarat manusia, mungkin blog saya ini udah siap masuk SD. Dan yang tersimpan di sana tentu nggak bisa dibilang sedikit. Ini rangkumannya:
Yang terkumpul selama 6 tahun ngeMPi
Bayangkan betapa pusingnya saya jika harus pindahan dan mengangkut satu persatu perabotan yang udah seabrek-abrek itu. Dan tentu saya bukan satu-satunya yang dibuat heboh soal back up data ini. Ada yang umur blognya sudah 8 tahun. Bahkan di dalamnya banyak terisi album foto serta jurnal dengan komentar pembaca yang sayang jika diabaikan.

Oke, soal back up data bisa teratasi. Saya sendiri sudah mengunduh seluruh file di MP menggunakan software dari HTTrack. Saya juga mengikuti saran teman-teman untuk memindahkan semua jurnal lengkap dengan komentarnya ke Wordpress melalui tools yang dibuat salah satu MP’ers, Mas Febi, di sini. Tapi bagaimana dengan pertemanan yang sudah dijalin selama bertahun-tahun ini?

MP memang unik. Paduan antara situs blogging dan social networking-nya bagi saya belum tertandingi oleh yang lain. Kalau Facebook, lebih cenderung ke social networking sedangkan Wordpress/Blogspot lebih ke blogging. Yah, mungkin tergantung tingkat kesetiaan juga. Hehe.. Meski saya selingkuh di semua situs yang tadi disebutkan, tapi MP selalu menjadi prioritas utama saya ketika berselancar.

Dari MP saya mendapatkan banyak hal. MP-lah yang membangkitkan passion menulis saya. MP menjadi saksi bisu proses menulis saya, dari yang dulunya “acakadut” hingga, yah, bolehlah dibilang better than before. MP juga menjadi tempat saya menimba ilmu di dunia maya ini. Membuat saya tahu banyak karakter orang, masalah, dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Membuat saya mengenal arti persaudaraan, pertemanan, dan ….cinta? #uhuk!

Yaa, saya benar-benar jatuh cinta pada MP! Dan pada akhirnya ini jadi semacam candu! Maka, jika memang takdir cinta saya pada MP harus berakhir di 1 Desember nanti, seperti halnya Romeo yang mati demi Juliet, maka saya berharap MP-pun akan mati setelah ini. Hahaha.. *Apakah ini doa? Hmm.. aamiin-kan jika begitu :P

Saya harus move on, Kawan!

Meski harus tercerai berai dengan teman-teman MP’ers -dengan pilihan rumah barunya masing-masing-, saya harus terus ngeblog, menuliskan apa yang ingin saya tulis. Bukankah ngeblog bisa di mana saja? Sejujurnya, ini yang berat. Saya mungkin masih mencari kenyamanan di rumah yang baru ini agar bisa menulis semengalir ketika di MP. Tapi, tetap semangat! W(r)iting tresno jalaran soko kulino ^^

Yeah. This is me. Another akuai.

Tulisan-tulisan lama di MP biarlah disimpan di Wordpress. Di sini, semuanya dimulai dari nol lagi. Dan jurnal ini menjadi semacam kata pengantar sebelum saya berbagi cerita lainnya suatu saat nanti. Terima kasih atas kunjungannya yaa!

***
di balik 3 jendela,
15 Agustus pk. 04.30 wib
bye bye MP!

30 comments:

  1. ngiler lihat semangkanya, welcome to blogspot .... chayoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee yang dapet pertamax sampe ngiler2 gitu :P

      semangat semangat! ^^

      Delete
  2. Pertanyaanku di grup di jawab ya, please. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah yaa. happy blogging! *sok senior :P

      Delete
  3. di-wide-in dong kesempitan nih bacanya... hihihi, ketemu lagi ya ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah, nih, mba. tapi kok jadi aneh gambar semangkanya :|

      Delete
  4. keep on rockin' ai !! let's start a new home... a better home i hope... semanggaaaaddhh !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaph.. karena mimpi harus terus digapai meski MP tak lagi menemani. hahay! Btw, bang ogie jadi gak bisa komen pake emoticon lagi neh :D

      Delete
  5. Sekiranya ada yang berminat bikin lomba "Postingan Terakhir untuk MP" yah... Kayaknya semua MP'ers pada akhirnya akan bikin tulisan seperti ini... Huhuhu...T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah mba pia mau bikin deh Rif. tapi yah, tulisan ini hanya secuil yang bisa kuungkapkan dari berjuta rasa yang ada. #ehm

      Delete
    2. ini mau diwujudkan??

      Delete
    3. mba anaz juga mau buat nggak sih mba? waktu itu mba anaz sempat minta tulisan romi yang semacam ini, tapi entah buat apa ^^a

      Delete
  6. ternyata, kamu mau mulai nol dari sini.
    siip.
    keep holding on, ai
    *pake nyanyi lagu Avril* hhehhe :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, ziyy.. this is another akuai. entah kenapa kalo di sini agak kaku nulisnya. jadi kalau mau boyong tulisan2 lama bisa gak match sama pattern yang baru #halah

      Delete
    2. Memulai "hidup" baru disini, tanpa membawa postingan MP yah.
      Selamat datang di dunia non-MP. hihihihi

      Delete
    3. gak bawa postingan di MP, tapi HS dan namanya masih akuai banget :D

      Delete
  7. qiqiqi, judulnya sama : move on, isinya juga, nasib orang2 tergusur MP :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, mba. perasaan senasib sepenggusuran. jadi memang harus move on semuanya :D

      Delete
  8. Replies
    1. meninggalkan komen ^^v
      makasih atas kunjungannya, Rahmat...

      Delete
  9. Replies
    1. dan kita kembali bertemu, hay ^^

      Delete
  10. Replies
    1. makasih atas kunjungannya hikari.... *manggil namanya sambil ngikik :P

      Delete
  11. sedih ya
    di MP kita berjodoh yah Ai

    anyway udh ak polbek
    makasiy ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal MP yang mempertemukan kita, ki. tapi biarlah di sini mari kita rajut hubungan kita kembali. xixi..

      Delete
  12. hehe, aku pindahin filenya ke wp, tapi ngeblognya di blogspot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tossss...! berhubung cuma ngerti pindahin ke wordpress yoweslah disimpannya di sana :D

      Delete
  13. saya malah kebalik BSnya yang jadi migrasi tulisan yang lalu
    *coba2 migrasi tools yang masih serba kurang dari si MP*

    yang WPnya repost, belum ada kepikiran pindah beneran di sana...
    MP aja masih ngisi mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah males nulis di MP, nas. entah kenapa suasananya udah gak asik lagi. makin sepi. insyaAllah kalo di wordpress masih bisa dikunjungi. akun saya di WP emang khusus buat keep contact dengan teman2 MP yang kebanyakan pindah ke sana.

      Delete

Makasih atas kunjungannya... Sila sila tinggalkan komentar di sini ^^