October 05, 2012

Mengatasi Radang Tenggorokan

Jika kamu merasa sakit saat menelan, suara menjadi serak, batuk, sakit pada otot dan sendi, keluar cairan ingus mucus, mulut berbau tidak sedap, dan sebagainya. Berhati-hatilah! Itu adalah tanda-tanda penyakit radang tenggorokan.

Dan itulah yang saya rasakan sekarang ini. Terasa sakit saat menelan. Rasanya tenggorokan ini pahit serta kering.  Inginnya dilewatin air terus, apalagi es jeruk. #eh

Kok bisa sih..?

Faringitis, bahasa kerennya radang tenggorokan, adalah sebuah penyakit yang menyerang tenggorokan atau faring. Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau kuman streptococus beta hemolitikus, disebabkan daya tahan yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena kuman. Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek (Sumber: Wikipedia)

Hah, iya! Sepekan terakhir saya memang rajin minum air dingin di pagi hari. Beberapa kali saya juga menerobos hujan karena ada jadwal mengajar yang harus ditunaikan. Di musim pancaroba ini, sepertinya orang-orang memang mudah sekali sakit. Mungkin karena perubahan dari panas ke dingin yang sayangnya tidak didukung oleh kondisi tubuh yang fit.

Cara paling murah dan sederhana mengatasi radang tenggorokan yaitu dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Karena sebenarnya radang tenggorokan itu bisa sembuh sendiri meski tidak diobati. Namun, untuk balita yang terserang penyakit ini harus segera diobati karena umumnya penyebab faringitis pada balita disebabkan karena kuman. Kalau nggak diobati bisa jadi penyakit pernafasan yang akut, kelainan ginjal, bahkan penyakit jantung. :O (Sumber: milis Nikita)

Hmm... Inilah yang membuat muncul ungkapan Sehat itu Mahal. Dan tentu saja, sehat itu juga Nikmat.
 
Makanya, saya mengingatkan kepada teman-teman yang saat ini sedang menderita radang tenggorokan [termasuk saya ^^a], untuk mengikuti saran-saran berikut:
 
  1. Istirahat yang cukup [cukup susah memang buat yang lagi dikejar deadline :D]
  2. Banyak-banyak makan sayur dan buah-buahan. [sumber vitamin dan kaya serat looh!]
  3. Jangan makan goreng-gorengan. [enak siy, apalagi pas musim ujan gini. tapi bikin sakitmu tambah parah!]
  4. Hindari makanan yang mengandung zat perasa yang kuat, contohnya mie instan [ini ujian berat buat yang jarang masak, hehe]
  5. Banyak minum air putih, min 8 gelas sehari.[ cairan tubuh itu penting looh!]
  6. Minum obat: antibiotik, obat batuk, obat pilek, obat pusing..[inget, sesuai dosis yaa!!]
  7. Minum ramuan tradisional. [dibahas setelah ini]
  8. Minum susu putih atau susu beruang [bukan buat saya. Nggak suka susu >_<"]
  9. Jika sakit berlanjut, konsultasikan ke dokter [mungkin aja bukan radang tenggorokan biasa..]
  10. Banyak-banyak berdoa. [seiring dengan usaha kita nih ^^b]

Dan berikut adalah beberapa ramuan tradisonal dan modern yang bisa diterapkan untuk mengatasi radang tenggorokan:

  1. Minum air perasan jeruk nipis/lemon hangat. Kalau mau murah, pakai jeruk nipis aja. Tapi kalau mau enak (secara rasa dan aroma) bisa pakai lemon.
  2. Minum madu+air hangat. Mengkonsumsi madu langsung tanpa dicampur air hangat juga ena sih!"
  3. Minum air garam, caranya: campurkan satu sendok teh garam ke dalam seperempat gelas air mineral. Diminum saat baru bangun tidur.
  4. Minum minuman isotonik. Saat sakit, cairan tubuh kita berkurang, apalagi kalau jarang minum. Jadi, minuman isotonik bisa jadi pengganti ion yang baik. ^^b
  5. Minum Adem Sari. Dibayar berapa yaa saya buat promosi jamu ini? :D! Yang jelas, waktu liat iklannya di TV, tenyata radang tenggorokan juga salah satu gejala panas dalam.
  6. Minum jamu sambiloto. Weeew.. Nggak kebayang gimana pahitnya jamu ini. Silakan yang memang mau coba! Kalau mau bikin sendiri, resep bisa dicari di google. #malesnyari :D
  7. Makan kencur. Hmm.. Ini tips yang cukup saya dihindari. Siapa yang mau makan kencur yang sudah dikupas dan dibersihkan begitu aja? Kalau ditambah selai stroberi mungkin lebih enak #eh
  8. Makan irisan jeruk nipis+kecap. Selain diminum air perasannya, memkna langsung jeruk nipis katanya juga bisa melegakan tenggorokan. Asam dicampur manis.. Hmm.. Paduan yang klop! Kalo resep dari ayah, justru bukan pakai jeruk nipis, tapi pakai tomat![udah dicoba dan enak..!]
  9. Makan buah. Kita tahu bahwa buah itu kaya akan vitamin C. Beberapa kawan menyarankan untuk mengonsumsi tablet vitamin C atau minuman C1000 *sebut merk lagi ^^v* Tapi, sesungguhnya tubuh kita hanya membutuhkan vitamin C kurang dari 100 mg. Kelebihannya akan dibuang bersama urin. Jadi, nggak usah beli vitamin C sampai 1000 mg lah.
  10. Minum air rendaman logam-logam. Ini resep dari teman saya. Agak-agak ragu sih dengan tips ini. Beneran ga sih? Ada yang mau coba? Caranya, rendam logam-logam, seperti paku dan jarum pentul dalam segelas air mineral. Setelah beberapa menit, minum air rendaman tersebut. Bila sakit berlanjut, hubungi dokter! #sesat XD

Karena nggak tahan dengan asamnya si jeruk nipis, akhirnya saya mencampurkannya dengan madu ^^

Buat teman-teman yang sedang sakit tenggorokan atau sakit lainnya, semoga cepat sembuh yaa! ^^b

"Ada orang-orang beriman yang tekad jihad di hatinya begitu kuat, namun Allah menghentikan langkahnya untuk beristirahat sejenak di tempat tidurnya, maka istirahatnya pun akan bernilai jihad! Syafakillah.."*
 *SMS seorang kawan. 
Jihad di sini berarti bersungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu

***
di balik 3 jendela,
5 Oktober 2012 pk. 07.23 wib
daur ulang dari tulisan di blog Multiply

19 comments:

  1. Makan semangka dingin tiap hari, ai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin2 minum nu green tea dingin2 mba :D
      tapi pas batuk gini aku juga punya stok semangka dingin di rumah..

      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Delete
  2. salah satu resep dari Ummiku kalo ada yang radang tenggorokan; kuning telur, madu, kunir [diparut, ambil airnya], semua dicampur dan diminum. Alhamdulillah resepnya manjur :)

    tambah satu lagi, saran untuk yang lagi radang tenggorokan, Jangan makan, makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunir itu kunyit yaa mba? #gakgaulbumbu :P

      wah, aku pas radang kemarin makannya rujak dan asinan XD

      Delete
    2. iya, kunir = kunyit
      sebisa mungkin jangan makan menu yang 'terlalu' soalnya tenggorokan itu dalam kondisi sensitif ^_^

      Delete
    3. moga besok besok gak bandel lagi ^^v

      Delete
  3. 11. Jangan jauh-jauh dari istri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa dipraktekkan semua orang itu mah mbah -___-"

      Delete
    2. itu juga belum bisa saya praktikkan :D

      Delete
    3. jiaaah.. tapi survei membuktikan pria lebih tak bisa ditinggal istri dibanding sebaliknya :D

      Delete
    4. ya sudah, nanti dilihat kalau ant dah nikah. kita lihat apakah pernyataan ant itu benar atau tidak. #dari pengalaman orang-orang di sekitar sih sebaliknya. termasuk pengalaman istri sendiri

      Delete
  4. bobok sama ibuukkk...

    berasa beda banget, ai sama kalo ngurusin batuk sendiri.

    he

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan kamu bentar lagi mau nikah yas. tipsnya bisa jadi gak berlaku dong ^^

      Delete
  5. Makasih infonya, iya nih tenggorokan sakit banyak minum nya minum obat tapi masih sakit aja

    ReplyDelete
  6. Bukan minum air garam, tapi berkumur dengan air garam.

    ReplyDelete
  7. 👉 PUSAT OBAT HERBAL DAN KOSMETIK 👈
    👍TITAN GEL ASLI RUSIA👍
    ( BESAR, PANJANG & PERMANEN)

    👍HAMMER OF THOR ASLI ITALY👍
    ( KUAT, KENCANG, TAHAN LAMA)
    ORDER/PEMESANAN
    📞WA : 082 225 852 349
    📲 BBM : D9A04575

    Obat Pembesar Alat Vital
    TITAN GEL ISI 50ML : 750 RB & HAMMER OF THOR ISI 30CAPSUL : 650 RB

    MANFAAT TITAN GEL & HAMMER OF THOR :

    1-Bikin Alat Vital Besar Dan Panjang Secara Permanen.
    2-Mengatasi Permasalahan Ejakulasi Dini.
    3-Bikin Keras Ereksi Dan Tahan Lama.
    4-Mengobati Impotensi - Lemah Syahwat - Ejakulasi Dini.
    5-Aman Tanpa Efek Samping.

    📞WA : 082 225 852 349
    📲 BBM : D9A04575
    STOCK READY

              ※ OBAT HERBAL PRIA DEWASA ※
    ☆ Vimax Canada Izon 3D : 550 RB
    ☆ Anabolic RX 24 : 650 RB
    ☆ Klg Usa : 500 RB
    ☆ Viagra Usa :1 JTA
    ☆ Cialis England : 350 RB
    ☆ Sony Mmc : 300 RB
    ☆ Max Man : 450 RB
    ☆ Procomil Spray : 300 RB dll...
               ※ OBAT PERANGSANG WANITA ※
    ☆ Viagra Cair : 200 RB
    ☆ Blue Wizard Cair : 350 RB
    ☆ Potensol Cair : 250 RB
    ☆ Sex Drop Cair : 250 RB
    ☆ Opium Spray : 350 RB Dll
               ※ ALAT BANTU SEX PRIA WANITA ※
    ☆ Vibrator Penis Maju Mundur : 750 RB
    ☆ Vibrator Penis Getar Putar : 550
    ☆ Vibrator Penis Ikat Pinggang : 650 dll
    ☆ Vaginator Goyang getar suara : 850 RB
    ☆ Vaginator Senter Elektrik : 500 RB
    ☆ Vaginator Getar Bulu : 450 RB
    ☆ Boneka Full Body : 2 JT dll
               ※ ANEKA KOSMETIK KECANTIKAN ※
    ☆ Pemutih Wajah dan Badan : 200 RB
    ☆ Pelangsing Badan : 200 RB
    ☆ Pemerah Bibir : 200 RB
    ☆ Pembesar Payudara : 200 RB
    ☆ Perapet Wangi : 200 RB dll

    CARA ORDER/PEMESANAN
    NAMA :
    ALAMAT :
    RT/RW :
    KAB :
    KEC :
    PROV :
    NO tlpn :
    BARANG SAYA KIRIM LEWAT VIA..
    TIKI :
    JNE :
    POS INDONESIA :
    DLAM JANGKA 2 HARI BARANG UDAH SAMPAI DTUJUAN ANDA.

    ReplyDelete
  8. 👉 PUSAT OBAT HERBAL DAN KOSMETIK 👈
    👍TITAN GEL ASLI RUSIA👍
    ( BESAR, PANJANG & PERMANEN)

    👍HAMMER OF THOR ASLI ITALY👍
    ( KUAT, KENCANG, TAHAN LAMA)
    ORDER/PEMESANAN
    📞WA : 082 225 852 349
    📲 BBM : D9A04575

    Obat Pembesar Alat Vital
    TITAN GEL ISI 50ML : 750 RB & HAMMER OF THOR ISI 30CAPSUL : 650 RB

    MANFAAT TITAN GEL & HAMMER OF THOR :

    1-Bikin Alat Vital Besar Dan Panjang Secara Permanen.
    2-Mengatasi Permasalahan Ejakulasi Dini.
    3-Bikin Keras Ereksi Dan Tahan Lama.
    4-Mengobati Impotensi - Lemah Syahwat - Ejakulasi Dini.
    5-Aman Tanpa Efek Samping.

    📞WA : 082 225 852 349
    📲 BBM : D9A04575
    STOCK READY

              ※ OBAT HERBAL PRIA DEWASA ※
    ☆ Vimax Canada Izon 3D : 550 RB
    ☆ Anabolic RX 24 : 650 RB
    ☆ Klg Usa : 500 RB
    ☆ Viagra Usa :1 JTA
    ☆ Cialis England : 350 RB
    ☆ Sony Mmc : 300 RB
    ☆ Max Man : 450 RB
    ☆ Procomil Spray : 300 RB dll...
               ※ OBAT PERANGSANG WANITA ※
    ☆ Viagra Cair : 200 RB
    ☆ Blue Wizard Cair : 350 RB
    ☆ Potensol Cair : 250 RB
    ☆ Sex Drop Cair : 250 RB
    ☆ Opium Spray : 350 RB Dll
               ※ ALAT BANTU SEX PRIA WANITA ※
    ☆ Vibrator Penis Maju Mundur : 750 RB
    ☆ Vibrator Penis Getar Putar : 550
    ☆ Vibrator Penis Ikat Pinggang : 650 dll
    ☆ Vaginator Goyang getar suara : 850 RB
    ☆ Vaginator Senter Elektrik : 500 RB
    ☆ Vaginator Getar Bulu : 450 RB
    ☆ Boneka Full Body : 2 JT dll
               ※ ANEKA KOSMETIK KECANTIKAN ※
    ☆ Pemutih Wajah dan Badan : 200 RB
    ☆ Pelangsing Badan : 200 RB
    ☆ Pemerah Bibir : 200 RB
    ☆ Pembesar Payudara : 200 RB
    ☆ Perapet Wangi : 200 RB dll

    CARA ORDER/PEMESANAN
    NAMA :
    ALAMAT :
    RT/RW :
    KAB :
    KEC :
    PROV :
    NO tlpn :
    BARANG SAYA KIRIM LEWAT VIA..
    TIKI :
    JNE :
    POS INDONESIA :
    DLAM JANGKA 2 HARI BARANG UDAH SAMPAI DTUJUAN ANDA.

    ReplyDelete

Makasih atas kunjungannya... Sila sila tinggalkan komentar di sini ^^