December 17, 2012

Sop Macaroni Buncis

Sore-sore. Hujan-hujan. Belum makan siang. Kondisi kayak gitu jelas bikin perut saya krucuk-krucuk. Cek kulkas, alhamdulillah masih ada beberapa potong ayam yang siap digoreng. Tapi rasanya kurang lengkap aja kalau nggak pake sayur. Sayangnya stok sayur di rumah nggak banyak -padahal emang jarang nimbun sayuran juga, hehe-. Ada buncis, kentang, kacang merah. Kalo dibuat orak-arik buncis kok bosen yah? (baca: cuma tau menu itu). Dipikir-pikir, bisa lah dibuat sayur sop. Kebetulan ada makaroni juga di rumah.

Oke! Googling pun dimulai!

Biasanya yang sering saya cari itu resep-resep dengan bumbu minimalis. Alasannya sederhana, karena di rumah emang nggak biasa nyimpen bumbu, apalagi yang aneh-aneh. Nah, dari resep yang ada, kebanyakan memasukkan kaldu blok atau penyedap ke dalam sopnya. Hmm.. Haruskah? Saya jarang pake bumbu instan itu buat masak. Kalau mau sebenarnya bisa pake kaldu asli dari ayam atau daging. Etapi... *cek kulkas lagi*

Nggak ada ayam ataupun daging. Haha.. Ayam ungkep udah digoreng semua kecuali kepala dan lehernya. Gapapa lah. Kan cuma mau diambil cita rasa ayamnya aja. Sip! Bungkus!

Dan berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 4 buah buncis
- 1/2 buah kentang
- 30 gr macaroni
- 1 batang daun bawang
- 1 sdm merica bubuk
- 1 sdt saus tiram
- ayam untuk kaldu
- garam dan gula secukupnya
- air

Cara memasak:
1. Rebus ayam dalam air hingga mendidih.
2. Masukkan macaroni dan kentang. Setelah setengah matang, masukkan buncis dan daun bawang.
3. Tambahkan garam, gula, merica, dan saus tiram.
4. Rebus hingga semua bahan empuk.
5. Sop makaroni siap disajikan.

Trus rasanya?

Sebagai newbie dalam dunia permasakan, menurut saya rasanya nggak mengecewakan. Eatable lah -buat lidah saya :P- Paling agak terasa spicy aja gegara mericanya kebanyakan. Tapi berikut poin-poin yang perlu diperhatikan.

* Kuah sop jadi kuning akibat bumbu ayam yang sudah diungkep sebelumnya. Lain kali pakai ayam atau daging yang masih mentah aja biar rasa lebih natural dan warna kuahnya nggak 'butek' XD

* Jangan pake saus tiram. Asli, awalnya lidah saya bilang rasanya agak-agak rusak. Yaiyalah. Ayam dan tiram itu emang nggak matching. Apalagi buat bumbu sop. Hadeuh, ide darimana sih ini? Padahal di resep nggak ada satupun yang pake saus tiram.

* Beberapa sumber merebus macaroni secara terpisah. Tapi hemat saya, berhubung ada kentang yang kudu direbus agak lama, kenapa nggak digabung aja sekalian ngrebusnya? Saya nggak suka macaroni yang terlalu lembek soalnya. Untunglah hasil akhirnya memuaskan. Kentang dan macaroni empuk bersamaan. ^^b

* Ada situs yang bilang untuk nggak menambahkan tomat. Katanya bikin sop jadi agak masam. Entahlah. Belum dicoba. Tapi tergantung selera kali yah.

Porsi: (harusnya) 2 orang (tapi karna adek saya gak doyan buncis -dan entah keknya gak tertarik liat penampilan sopnya- jadilah sopnya saya habiskan semua)

Selamat memasak!

Published with Blogger-droid v2.0.9

3 comments:

  1. waaaah asiknyaaaa... iya ay... aku suka bingung mu masak apa.. tapi suka nyetok bahan di kulkas.. kalo terdesak ya campir2 aja.. yg penting ada bawang! hahaha

    ReplyDelete
  2. yeee, kenapa pake saos tiram?? Saosnya buat numis2 aja, Ai, hihi. Pake minyak wijen aja *ajaransesat* :D

    ReplyDelete
  3. xixi, mana ada sop pake saos tiraaaamm apalagi minyak wijen *lirik mba pia

    nggak pake bawang putih kah mbak?

    ReplyDelete

Makasih atas kunjungannya... Sila sila tinggalkan komentar di sini ^^