April 20, 2013

BAW dan Kopdar Yang Berkesan

Pasca tergusur dari Kampung Multiply beberapa waktu yang lalu, sejujurnya saya berada di antara dua rasa: sedih dan bahagia. Sedih karena interaksi dengan teman-teman MPers -sebutan untuk blogger Multiply- tak seintens dulu. Tapi juga bahagia karena saya menemukan satu komunitas maya yang baru, yang mampu memberikan kehangatan dan keakraban seperti ketika berada di Multiply.

Begitulah. Sebelum blog saya di Multiply benar-benar lenyap, sebenarnya saya sudah bergabung di satu grup menulis di Facebook yang menuntut perhatian lebih -kalau nggak mau di-remove. Yah, grup ini memang spesial banget. Dari sekian banyak grup menulis yang saya ikuti, grup inilah yang paling unik.

Be a Writer namanya.

Saya beruntung sekali bisa menjadi bagian dari Be a Writer (BAW) sejak awal grup ini terbentuk sekitar Oktober 2011 lalu. Sang Penggagas, Leyla Hana, merancang BAW menjadi secret group yang berisikan seratus orang penulis dan calon penulis. Setiap harinya kami menyerap ilmu yang dibagikan oleh mentor-mentor serta penulis yang karyanya telah terpajang di toko-toko buku seluruh Indonesia. Ada jadwal harian yang harus dipatuhi member. Ada proyek menulis bareng. Ada kegiatan sosial.

Dan yang tak kalah seru: ada kopdar yang penuh manfaat.

Yaph. Dari sekian banyak momen bersama BAWers, salah satu yang meninggalkan kesan mendalam adalah kopdarnya. Bisa dibilang, ini adalah kopdar perdana saya dengan komunitas yang terbentuk lewat Facebook. Kopdar memang bukan hal yang asing buat saya. Sebelumnya, kegiatan ini sering saya lakukan bersama teman-teman MP. Tapi itupun baru terjadi setelah bertahun-tahun ngeblog. Sedangkan kopdar dengan BAW, nyatanya terjadi dalam waktu kurang dari sebulan sejak saya bergabung dengan grup "gratisan" ini. Wah!

Kopdar Perdana di Gramedia
di antara emak2 keren!
Kopdar perdana dengan teman-teman BAW berlangsung tanggal 18 November 2011. Saat itu, Mba Leyla selaku kepsek grup mengajak para anggota menemaninya untuk bincang-bincang dengan Mba Linda, salah satu editor Penerbit Quanta, lini dari Elex Media Komputindo.

Saya nggak mau melewatkan kesempatan berharga itu. Meski belum begitu akrab dengan sesama anggota BAW, saya memberanikan diri untuk ikut. Maka, hari Jumat itu, untuk pertama kalinya saya bertemu Leyla Hana -yang karyanya pertama kali saya baca ketika masih berseragam putih abuabu- dan teman-teman di grup BAW: Mba Linda, Mba Izti, Mba Anik, dan Mba Nda.

Kopdar di Agromedia
BAWers dan Mba Iwied (kanan)
Beruntung saya tinggal di Jakarta. Dan beruntung pula saya bisa mengenal Mba Leyla yang super baik. Tanggal 9 Mei 2012 itu seharusnya ia cukup datang sendiri ke kantor Agromedia untuk berdiskusi tentang naskah dengan Mba Iwied, editor Bukune. Namun, lagi-lagi ia mengajak kami untuk turut serta agar bisa menyerap ilmu di sana.

Di kopdar yang kedua ini, saya akhirnya bisa bertatap muka dengan anggota yang lain: ada wakasek: Mba Eni, ada Mba Syifa, Mba Elita, dan Mba Yentri. Berinteraksi lewat grup setiap hari membuat kami begitu akrab layaknya keluarga.

Kopdar di Penvill

sesuatu banget deh bisa ketemu Mba Lyta & Mba Santi :">
2 Juni 2012. Lagi-lagi ada yang spesial di kopdar BAW. Meski kopdarnya dilakukan di food court Pejaten Village, tapi tetap ada ilmu menulis yang bisa dipetik, loh! Apalagi saat itu hadir dua tamu jauh: Mba Riawani Elyta, sang wakasek dari KepRi dan Mba Santi Artanti, Si Putri Solo :P

Dalam kopdar kali ini, ada lagi penghuni grup yang akhirnya bisa dijabat tangannya secara langsung: Mba Ade, Mba Viana, Mba Yusi, dan Neng Pita.

Kopdar di IBF
Lama nggak berpartisipasi dalam kegiatan kopdar, akhirnya tanggal 9 Maret 2013 yang lalu, saya hadir kembali dalam kopdar yang berlokasi di IBF. BTW, masih bisa disebut kopdar nggak yaa? Pasalnya, beberapa yang hadir udah sering ditemui di kopdar sebelumnya, hihi.. Cuma satu yang baru pertama kali ditemui: Mba Aida MA. Huaaa.... Masih nggak nyangka deh kalau saya bisa berkenalan dengan para penulis handal. Moga saya bisa menyusul jejak mereka. Aamiin...

Kopdar di Kafe Tjikini
makin heboh kalau BAWers udah kumpul ^^a
Nah, yang masih fresh dalam ingatan adalah kopdar yang diadakan tanggal 14 April 2013 yang lalu ini. Kami diundang oleh Mba Shabrina WS yang akan me-launching bukunya bersama dua pemenang lomba novel Qanita Romance yang lain.

Selain bertemu Mba Shabrina, saya juga bersitatap dengan Mba Tuti, Mba Murti & Mba Gesang. 

Ini nih yang saya suka dari kopdar yang diadakan BAW. Nggak cuma kumpul-kumpul, ketawa-ketiwi, foto-foto. Tapi di balik itu semua, ada obrolan seputar buku yang menarik, ada tips-tips menulis yang terbagikan, dan kobaran semangat untuk menghasilkan karya yang bermanfaat.

... kemudian tersadar. Foto-fotonya berisi kaum Hawa semua yaa? xixixi..

BAW kategori boys :P

Aslinya BAW nggak cuma dihuni oleh para wanita aja, loh! Ada beberapa pria yang juga bergabung di komunitas ini. Tapi karena tempat tinggalnya rata-rata bukan di Jakarta, jadilah nggak ada satupun yang bisa hadir ke kopdar BAW. Kalaupun hadir, mungkin akan lebih sering diminta jadi juru kamera juga #eeh

Ah. Saya sendiri berharap suatu hari nanti akan ada kopdar akbar yang bisa menghadirkan anggota BAW, baik yang di luar Jabodetabek maupun yang kini menetap di luar negeri. 

***



Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway perdana Be a Writer. Giveaway ini dibuat dalam rangka launching blog Be a Writer yang akan menampung ilmu-ilmu yang dibagikan di grup BAW di Facebook. BAW juga memiliki akun Twitter: @bawindonesia. Sila di-follow yaa! ^^b

Yuk ikutan Giveaway-nya juga. Yang bukan anggota BAW juga bisa ikutan kok. Ada 16 Paket hadiah untuk 16 pemenang. WOW banget kan?! Cekidot di sini yaa^^b


***
di balik 3 jendela,
20 April 2013 pk. 02.57 wib
Mba Syifa, Mba Aida, Sholich, saya izin pake foto2 kalian untuk giveway ini yaa ^^v
special thanks to Ila: makasih yaa neng udah nyeret aku ke grup yang keren ini!

6 comments:

  1. Jadi pingin gabung dengan BAW ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba join aja dulu kak. tapi tunggu konfirmasi dari adminnya. jumlah anggota gak banyak sih. jadi biasanya kalo ada yg diremove, baru ada yg masuk ^^

      Delete
  2. Terima kasih atas tulisan GA BAW, Sari Yulianti.. suksess selalu :D

    ReplyDelete
  3. jadi pengen kopdar lagi deh :-)

    ReplyDelete

Makasih atas kunjungannya... Sila sila tinggalkan komentar di sini ^^