September 03, 2012

Sayur Caisim Plus Tahu

Saya memang terlalu buta dengan harga sayuran, bumbu dapur, tempe, tahu, dan kawan-kawannya. Maka, ketika siang tadi melihat tukang tahu lewat gang rumah, saya bingung sendiri, "Beli berapa yaa?" Saya memang agak pemalu kalau disuruh bertanya. Akhirnya saya putuskan memberi Si Abang Tukang Tahu selembar uang lima ribuan.

Terkejutlah saya karena mendapat seplastik penuh tahu putih. Ada 8 buah dengan ukuran yang cukup besar. Kebingungan sayapun bercabang. Tahu sebanyak itu mau dijadikan apa? Sebelumnya saya memang berencana membuat sayur sawi plus tahu. Sayurannya sendiri sudah saya beli di supermarket terdekat. -di labelnya tertulis caisim, sama aja nggak sih dengan sawi? #gagalpaham- Tapi tahu yang dibutuhkan paling banyak 3 buah. Sisa tahu akhirnya disimpan di kulkas untuk masak-masak selanjutnya.

Berikut resep Sayur Caisim plus tahu:

Bahan
3 buah tahu putih, potong dadu
3 ikat caisim/sawi hijau, potong kasar
4 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus.
3 buah cabe merah, iris melintang
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
1 sdm minyak goreng
2 gelas air

Cara membuat
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu
2. Masukkan air, potongan tahu, dan cabe. Setelah mendidih, tambahkan garam dan gula.
3. Masukkan caisim. Masak sebentar, jangan sampai caisim layu.
4. Sayur caisim plus tahu siap disantap.

Total waktu yang saya butuhkan sekitar 25 menit. Ini waktu buat yang amatir kayak saya. Kalau jam terbang memasaknya udah banyak mungkin hanya butuh 15 menit saja. Untuk resep, saya googling dan akhirnya menemukan resep yang pas dari situs anekaresepgratis.com. Rata-rata bahan yang digunakan ditambah udang ebi atau daging cincang. Ada juga yang menambahkan sohun ke dalam sayur caisim. Tapi berhubung saya low budget, jadilah bahannya serba minimalis XD

Trus rasanya gimana? Jujur saja, lidah saya menerima dengan cukup baik sayur itu. Entah kalau yang lain icip-icip juga. Haha. Tapi sebagai amatiran, rasanya not bad lah!

TIPS:
* kakak ipar saya bilang kalau tercium bau mentah. Sepertinya itu berasal dari bawang merah yang belum sempurna ditumis. Jadi, pastikan bawang merah dan putihnya matang
* Caisim dimasukkan terakhir. Jangan lama-lama juga masaknya. Khawatir nanti sensasi krenyes-krenyesnya hilang
* Teman saya menganjurkan untuk ditambahkan kecap. Emm, kalau saya sendiri nggak suka, jadi nggak dimasukkan deh.

Sampai jumpa di eksperimen selanjutnya! :D

***
Di balik 3 jendela,
3 September 2012 pk. 10.50 wib

4 comments:

Makasih atas kunjungannya... Sila sila tinggalkan komentar di sini ^^